MANFAAT LAIN SAMPAH

Posted by Nasyithun Izzah Sabtu, 29 September 2012 0 komentar
Ada sebuah sungai kecil di dekat rumah kami. Airnya berwarna keruh keabu-abuan. Terkadang menimbulkan bau yang membuat saya harus menahan napas. Sepertinya berasal dari timbunan sampah di pinggir sungai. Sungai itu kelihatan kusam dan meyedihkan.
Para warga biasa membuang sampah begitu saja ke pinggir sungai. Makin lama sampah itu makin menggunung dan membuat siapapun yang lewat jembatan di atas sungai harus menutup hidung.
Setiap hari kita pasti membuang sampah, baik sampah organik maupun anorganik. Ada sisa sayuran, botol, kertas, plastik dan lain-lain. Banyak dari kita yang membuang sampah itu sembarangan. Sehingga sampah terlihat dimana-mana, dan sayangnya hanya sedikit yang merasa bahwa masalah sampah perlu mendapat perhatian ekstra. Padahal sampah plastik baru bisa terurai minimal 100 tahun kemudian.
Kalau kita mau sedikit ‘repot’ sebenarnya kita bisa mengolah sampah dengan bijak. Selain lingkungan bersih kita pun bisa mendapat  uang tambahan. Banyak sampah yang bisa dimanfaatkan kembali atau dijual sebagai barang rongsokan.
Caranya pisahkan sampah menjadi 5 kelompok besar. Pertama sampah organik, meliputi sisa buah-buahan, sayuran, cangkang telur, jeroan ikan, dan makanan basi. Sampah ini bisa diolah menjadi pupuk kompos atau masukkan ke dalam kantong plastik. Bila ada gunakan kantong plastik yang bisa hancur dengan sendirinya.
Kedua sampah plastik seperti kresek, plastik pembungkus makanan, plastik deterjen, dan plastik minyak goreng. Plastik ini sulit terurai dan bisa mencemari tanah.
Ketiga sampah botol termasuk botol plastik, botol kaca, kaleng kue, kaleng susu, dan toples. Kita bisa membuat beraneka kerajinan seperti tempat pensil, tempat garam, bunga plastik, dan lampion.
Keempat sampah kertas dan kardus termasuk kardus sisa nasi kotak, koran, dan buku-buku bekas. Barang-barang ini bisa didaurulang menjadi bubur kertas dan dibuat berbagai kerajinan.
Kelima sampah sisa rumah tangga misalnya sepatu bekas, mainan rusak, barang elektronik, dan besi tua.
Sampah organik dan plastik bisa langsung dibuang di tempat sampah atau sampah plastik dibakar terlebih dahulu untuk mengurangi volume sampah. Sedangkan sampah botol, kaleng, kertas, kardus, dan sisa rumah tangga dijual ke pengepul barang bekas. Mungkin uang hasil penjualan tidak seberapa tapi dampak yang dihasilkan sangat luar biasa.
Sebenarnya dilihat dari kacamata bisnis sampah bisa menjadi peluang usaha. Sayangnya banyak yang memandang sebelah mata pekerjaan mengumpulkan barang bekas atau rongsokan. Bagi ibu rumah tangga yang ingin mendapat penghasilan tambahan bisa mencoba mengumpulkan dari tetangga sekitar rumah. Tidak usah merasa gengsi, toh pekerjaan ini halal dan tidak melanggar hukum.
Selain itu diperlukan ketelatenan dan kesabaran. Hal ini sudah dibuktikan oleh ibu saya yang bisa menjual barang bekas hingga mencapai ratusan ribu rupiah.
Kepedulian kepada sampah berarti kita telah berpasrtisipasi menyelamatkan bumi dari bencana.  Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah yang berkepanjangan. Sekarang dampaknya mungkin belum terlalu tampak, meskipun demikian kita tidak boleh menutup mata dan bersikap acuh tak acuh.
Bagaimanapun menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama bukan perorangan. Karena bumi ini yang kita huni adalah tempat tinggal kita dan anak cucu kita kelak.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MANFAAT LAIN SAMPAH
Ditulis oleh Nasyithun Izzah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sayaummiraihan.blogspot.com/2012/09/manfaat-lain-sampah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TEMPLATE CREDIT:
Tempat Belajar SEO Gratis Klik Di Sini - Situs Belanja Online Klik Di Sini - Original design by Bamz | Copyright of Ummi Raihan.