Trend Masa Kini: Les CALISTUNG

Posted by Nasyithun Izzah Senin, 12 November 2012 0 komentar

Suatu hari saat sedang berhenti di lampu merah, mata saya tak sengaja membaca sebuah poster tentang les calistung (baca tulis hitung). Kawasan perempatan agaknya menjadi primadona dalam memasang berbagai iklan, tidak hanya yang bertiang tapi berbagai spanduk bertebaran di pinggir perempatan.
Di poster  yang bergambar anak sedang belajar itu tertulis -kurang lebih- begini: “Umur 2 tahun waktunya les calistung, Ma. Biar nanti bisa masuk SD favorit.” Di pojok kanan ada tambahan “bonus tas”. Lalu dibagian paling bawah tertera alamat tempat lesnya.
Aneh sekali rasanya, sejak kapan anak usia 2 tahun sudah “dipaksa” ikut les calistung? Saat balita belum bisa memanggil mama-papa dengan benar sudah disodori les membaca, menulis, dan berhitung. Entah metode apa yang digunakan, tapi mengikutkan les bagi anak usia 2 tahun sepertinya terlalu dipaksakan.
Playgroup saja membatasi usia anak 2,5 tahun, itupun “belajar”nya hanya tiga kali seminggu. Suasana belajar dibuat nyaman diisi menyanyi, berdoa, dan bermain. Tidak ada pelajaran menulis, membaca, apalagi berhitung. Anak-anak bebas berlari-lari sesuka hati, bermain dengan mainan yang disukai.
Fenomena apakah ini? apakah hanya sekedar taktik tempat les yang ingin mengeruk keuntungan? Atau memang orangtua jaman sekarang “silau” dengan predikat sekolah favorit, sehingga anak yang belum lengkap akalnya dipaksa mengikuti berbagai les-les yang belum tentu sesuai dengan bakatnya.
Ada anggapan bahwa anak yang bisa membaca, menulis di usia dini dianggap cerdas sehingga para orangtua berlomba-lomba mengikutkan les bagi anak-anak balita mereka. Selain karena ingin anaknya pintar, terselip ambisi orangtua untuk menjadikan anaknya pantas menyandang predikat cerdas. Siapa sih yang tidak bangga punya anak pintar?
Namun agaknya ada yang terlupa, bahwa anak-anak yang dianggap pintar dengan nilai-nilai bagus di sekolahnya saat dewasa nanti tidak lebih berhasil dari anak yang biasa-biasa saja. Padahal kehidupan nyata yang akan dihadapi saat anak dewasa lebih memerlukan kreativitas dan kemampuan menyelesaikan persoalan, bukan dengan deretan angka yang nyaris sempurna. Seseorang tidak akan bisa sukses hanya mengandalkan ijazah dari universitas favorit dengan IPK 4,0.
Memaksa anak usia dini untuk baca, tulis, hitung justru akan membuat kehidupannya menjadi lebih berat. Anak yang otaknya sudah dipenuhi cara berpikir linier akan mengabaikan kreativitas, kemampuan mengelola emosi, dan jiwa seninya pun layu sebelum berkembang. Akhirnya ia tumbuh menjadi manusia robot yang segala sesuatu seperti sudah terprogram, tidak ada tempat untuk mengembangkan ide, inovasi, dan proses kreatif. Dan ini hanya melahirkan generasi pekerja bukan pemberi kerja.
Bahkan menurut penelitian ada kecenderungan anak menjadi malas membaca jika sejak kecil sudah diajari membaca. Agar anak suka membaca bukanlah dengan mengajarinya membaca sejak kecil tapi rasa ingin tahunya yang harus ditumbuhkan. Ketika jiwa ingin tahu anak tinggi maka dia akan mencari informasi dan salah satunya lewat buku, sehingga secara tidak langsung anak terdorong untuk membaca. Berbeda dengan anak yang dipaksa-paksa membaca saat usianya belum siap maka dia akan cepat bosan dan menganggap membaca sangat membosankan.
Lalu kapan usia yang tepat anak belajar membaca? Menurut buku yang saya baca usia yang bagus adalah 7 tahun atau kelas 1 SD. Bahkan, di Amerika anak-anak sekolah dasar baru diajari membaca saat kelas 3. Kelas 1 dan 2 diisi dengan pengetahuan dasar tentang kehidupan dan bermasyarakat, pendek kata kelas-kelas awal adalah pembentukan mental dan karakter.
Tapi yang terjadi sekarang sungguh berbeda, anak usia TK sudah diajari menulis, membaca, dan berhitung. Ujian pun sudah seperti sekolah yang lebih tinggi, yaitu menggunakan kertas lembar jawaban. Sungguh kasian melihat anak yang sedang senang-senangnya bermain harus duduk menekuri kertas, mengernyit memikirkan jawaban, sambil berusaha keras menulis huruf demi huruf.
Sekolah dasarpun  berlaku “kejam” dengan menetapkan peraturan bahwa siswa baru harus bisa membaca dan menulis, dan diberlakukakn tes tertulis. Itulah sebabnya para orangtua berduyun-duyun me-les-kan anaknya agar bisa diterima di sekolah yang dituju. Padahal dalam kurikulum untuk PAUD/TK tidak ada pelajaran membaca dan menulis – karena saya pernah sekolah untuk menjadi guru taman kanak-kanak.
Akhirnya anak-anak yang jadi korban, menjadi objek bagi pemuasan ego orangtua. Bagi anak usia dini tidak ada artinya sekolah mereka favorit atau tidak, tidak terlalu dipikir apakah nanti bisa masuk SD favorit atau tidak. Di pikiran mereka yang terpenting adalah bagaimana bisa bersekolah di tempat yang nyaman dan membuat mereka bahagia.
Dunia tidak akan kiamat karena anak kita tidak bisa masuk sekolah favorit. Tidak ada jaminan bahwa sekolah favorit bisa membuat anak menjadi orang sukses kelak, juga tidak ada aturan bahwa anak yang sekolah di sekolah biasa-biasa saja akan gagal dalam hidupnya. Kebahagiaan dan keberhasilan seseorang lebih ditentukan bagaimana dia bisa memecah persoalan kehidupan yang tidak diajarkan di sekolah-sekolah.
Berapa banyak dari kita yang merasa bahwa pelajaran matematika tentang sincostan, integral, trigonometri berguna dalam kehidupan sehari-hari? Hanya orang-orang tertentu saja yang mengambil spesialisasi di universitas yang menggunakannya itupun dengan catatan mereka bekerja di bidang yang sama dengan jurusan waktu kuliah. Selebihnya matematika digunakan untuk menghitung gaji, belanja, tabungan, dan menghitung kembalian. Tidak jauh-jauh dari uang.
Jadi sebagai orang tua janganlah gampang terpengaruh dengan keadaan dan paradigma yang tengah berkembang. Seringkali terjadi ketimpangan apa yang dibutuhkan anak dengan yang diberikan orangtuanya. Sehingga memunculkan tekanan yang berdampak buruk pada perkemabangan jiwaa anak. Apa yang menurut orang tua baik dan membuat anak bahagia belum tentu sama dengan yang diinginkan anaknya. Kuncinya adalah komunikasi dan tempatkan diri sejajar dengan anak, bukan seperti bos yang kata-katanya harus selalu didengar. Anak-anak juga ingin dihargai dan didengar pendapatnya.
Semoga kita semua bisa menjadi orangtua yang diidolakan anak-anaknya. Salam generasi emas!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Trend Masa Kini: Les CALISTUNG
Ditulis oleh Nasyithun Izzah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://sayaummiraihan.blogspot.com/2012/11/trend-masa-kini-les-calistung.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

TEMPLATE CREDIT:
Tempat Belajar SEO Gratis Klik Di Sini - Situs Belanja Online Klik Di Sini - Original design by Bamz | Copyright of Ummi Raihan.